Di Like Ya Sahabat. . .

Terima Kasih :)

Powered By | Top dan Unik Via Blogger Widgets

Tuesday, September 4, 2012

Tutorial Adobe Ilustrator

Disini ane pengen bagi-bagi link" tempat belajar atau tutorial Adobe Ilustrator.

Tapi alangkah lebih baiknya kalo kita tahu dulu apa itu adobe ilustrator..
Simak okay.

Adobe Ilustrator



Adobe ilustrator merupakan software atau perangkat lunak design grafis, dengan software ini kita dapat membuat bebagai kebutuhan design digital seperti : banner, logo, kartu undangan, dan lain sebagainya yang menyangkut dengan dunia design, software ini berbasiskan gambar VECTOR sehingga kita dapat memperbesar resolusinya semaksimal mungkin, tidak seperti photoshop yang berbasiskan bitmap atau gambar (hmmm... memang penggunaannya cukup beda sih).

Software ini dibuat oleh perusahaan adobe (pemilik Photoshop, Premier, After Effect, dll)
Berikut adalah History atau Sejarah perkembangan Ilustrator dimulai dari release pertama sampai yang terakhir


Sejarah


[Sunting] Versi 1-1,6 (Illustrator 88)

Adobe Illustrator pertama kali dikembangkan untuk Apple Macintosh pada bulan Desember 1986 (pengiriman pada bulan Januari 1987) sebagai komersialisasi in-house software huruf Adobe pengembangan dan format PostScript file. Adobe Illustrator adalah produk pendamping dari Adobe Photoshop. Photoshop terutama diarahkan manipulasi foto digital dan photorealistic gaya ilustrasi komputer, sementara Illustrator memberikan hasil dalam bidang typesetting dan logo grafis desain. Iklan majalah Dini (ditampilkan di majalah desain grafis perdagangan seperti Komunikasi Seni) disebut produk sebagai "Adobe Illustrator". Illustrator 88, nama produk untuk versi 1.7, [2] dirilis pada tahun 1988 dan memperkenalkan alat-alat baru dan fitur [3] Pada 2011, Adobe Illustrator '88 format file yang digunakan dalam bahasa pemrograman MATLAB sebagai pilihan untuk. menyimpan angka.


[Sunting] Versi 2-5
Meskipun selama dekade pertama Adobe Illustrator dikembangkan terutama untuk Macintosh, itu secara sporadis didukung platform lainnya. Pada awal 1990, Adobe merilis versi Illustrator untuk NeXT, Silicon Graphics, dan Sun Solaris platform, tapi mereka dihentikan karena penerimaan pasar miskin. Versi pertama Illustrator untuk Windows, versi 2.0, dirilis pada awal 1989 dan menjatuhkan diri. Windows versi berikutnya, versi 4.0, telah banyak dikritik sebagai terlalu mirip dengan Illustrator 1,1 bukannya Macintosh versi 3.0, dan tentu saja tidak sama CorelDRAW paket paling populer 'Windows ilustrasi. (Perhatikan bahwa tidak ada versi 2.0 atau 4.0 untuk Macintosh - meskipun rilis kedua untuk Mac berjudul Illustrator 88 -. Tahun rilis) Versi 4 itu, bagaimanapun, versi pertama Illustrator untuk mendukung pengeditan dalam modus pratinjau , yang tidak muncul dalam versi Macintosh hingga 5,0 pada tahun 1993.


[Sunting] Versi 6-10

Adobe Illustrator 10, versi terakhir sebelum mengubah citra Creative Suite
Dengan diperkenalkannya Illustrator 6 tahun 1996, Adobe membuat perubahan penting dalam antarmuka pengguna berkaitan dengan editing jalan (dan juga untuk berkumpul di antarmuka pengguna yang sama seperti Adobe Photoshop), dan banyak pengguna memilih untuk tidak meng-upgrade. Illustrator juga mulai mendukung TrueType, efektif mengakhiri "font perang" antara PostScript Type 1 dan TrueType. Seperti Photoshop, Illustrator juga mulai mendukung plug-in, sangat dan cepat memperluas kemampuannya.
Dengan port sebenarnya dari versi Macintosh ke Windows dimulai dengan versi 7 tahun 1997, desainer akhirnya bisa standar pada Illustrator. Corel melakukan pelabuhan 6,0 CorelDRAW ke Macintosh pada tahun 1996-an, namun ia diterima sebagai terlalu sedikit, terlambat. Desainer cenderung lebih suka Illustrator, CorelDraw, atau FreeHand berdasarkan perangkat lunak yang mereka pelajari terlebih dahulu. Sebagai contoh, ada kemampuan dalam Freehand masih tidak tersedia di Illustrator (persentase skala yang lebih tinggi, maju mencari-dan-menggantikan fitur, selektif round-sudut editing, ekspor / mencetak objek yang dipilih saja, dll) [4]. Corel tidak pernah dianggap sebagai alat tingkat profesional oleh badan-badan besar atau toko desain. Terkenal, Aldus melakukan perbandingan matriks antara perusahaan sendiri Freehand, Illustrator dan Draw, dan satu Draw "menang" adalah bahwa ia datang dengan tiga kali dilihat clip art yang berbeda dari pankreas manusia.
Adobe membeli Aldus pada tahun 1994 untuk PageMaker [5] Sebagai bagian dari transaksi, Federal Trade Commission mengeluarkan keluhan dari Adobe Systems pada 18 Oktober 1994 memesan divestasi FreeHand untuk "memperbaiki berkurangnya kompetisi yang bersumber dari akuisisi". [ 6] karena perangkat lunak Illustrator Adobe. Akibatnya, Macromedia FreeHand diperoleh pada tahun 1995 dari pengembang aslinya, Altsys, dan terus perkembangannya hingga 2004. [7]
Perbedaan kekuatan antara Photoshop dan Illustrator menjadi jelas dengan munculnya Internet, Illustrator telah disempurnakan untuk mendukung penerbitan Web, rasterization melihat pratinjau, PDF, dan SVG (Scalable Vector Graphics). Adobe adalah pengembang awal SVG untuk web dan Illustrator diekspor file SVG melalui plugin File Format SVG [8]. Menggunakan Adobe SVG Viewer (ASV), diperkenalkan pada tahun 2000, memungkinkan pengguna untuk melihat gambar SVG di browser utama sebagian sampai dihentikan pada tahun 2009. [9] Dukungan asli untuk SVG tidak lengkap dalam semua browser utama Internet Explorer 9 sampai tahun 2011. [10]
Versi 9 termasuk fitur pelacakan, mirip dengan yang dihentikan dalam produk Adobe Streamline.


[Sunting] Versi CS-CS5

Illustrator CS adalah versi pertama untuk menyertakan 3-dimensi kemampuan yang memungkinkan pengguna untuk mengusir atau berputar bentuk untuk membuat objek 3D sederhana.
Illustrator CS2 (versi 12) yang tersedia untuk kedua Mac OS X dan Windows Microsoft sistem operasi. Ini adalah versi terakhir untuk Mac yang tidak berjalan secara native pada prosesor Intel. Di antara fitur-fitur baru termasuk dalam Illustrator CS2 adalah Live Trace, Live Paint, sebuah palet kustom kontrol dan ruang kerja. Live Trace memungkinkan untuk konversi citra bitmap ke vektor seni dan ditingkatkan kemampuan penelusuran sebelumnya. Live Paint memungkinkan pengguna lebih fleksibel dalam menerapkan warna pada obyek, khususnya mereka yang tumpang tindih. Pada tahun yang sama dengan rilis CS2, Adobe Systems mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi Macromedia dalam pertukaran saham senilai sekitar $ 3,4 miliar dan itu terintegrasi operasi perusahaan, jaringan, dan pelanggan-organisasi perawatan segera sesudahnya. [11] Adobe sekarang dimiliki FreeHand bersama dengan lini produk Macromedia seluruh dan pada tahun 2007, Adobe mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan pengembangan dan update program FreeHand. Sebaliknya, Adobe akan menyediakan alat-alat dan dukungan untuk memudahkan transisi ke Illustrator. [12]
CS3 termasuk update interface Bar Control, kemampuan untuk menyelaraskan poin individu, beberapa Tanaman Wilayah, panel Panduan Warna dan fitur Live Warna antara lain.
CS4 dirilis pada bulan Oktober 2008. Ini fitur berbagai perbaikan alat tua bersama dengan pengenalan beberapa merek alat baru yang diperoleh dari FreeHand. Kemampuan untuk menciptakan beberapa artboards merupakan salah satu utama penambahan CS4 itu dari FreeHand. The artboards memungkinkan Anda untuk membuat beberapa versi dari sebuah pekerjaan dalam satu dokumen. Peralatan lainnya termasuk Brush Blob, yang memungkinkan stroke beberapa vektor sikat tumpang tindih dengan mudah menggabungkan atau bergabung, dan alat gradien revamped memungkinkan untuk lebih mendalam manipulasi warna serta transparansi dalam gradien.
CS5 dirilis pada bulan April 2010. Seiring dengan sejumlah perangkat tambahan untuk fungsionalitas yang ada, fitur baru Illustrator CS5 termasuk alat Perspektif Grid diambil dari FreeHand, sebuah Sikat bulu (untuk stroke tampak lebih alami dan painterly) dan update yang komprehensif untuk stroke, disebut oleh Adobe sebagai "Strokes Indah ".


[Sunting] Versi CS6

Versi CS6 adalah generasi keenam belas dari Adobe Illustrator. Adobe menambahkan lebih banyak fitur dan beberapa perbaikan bug.
[Sunting] Branding
Dimulai dengan versi 1.0, Adobe memilih untuk lisensi gambar Sandro Botticelli "The Birth of Venus" dari Arsip Bettmann dan menggunakan bagian yang mengandung wajah Venus 'sebagai citra merek Illustrator. Warnock diinginkan gambar Renaissance membangkitkan visinya tentang Postscript sebagai Renaisans baru dalam penerbitan, dan Adobe karyawan Luanne Seymour Cohen, yang bertanggung jawab atas materi pemasaran awal, ditemukan Venus 'mengalir rambut kendaraan yang sempurna untuk menunjukkan kekuatan Illustrator dalam menelusuri kurva halus atas gambar bitmap sumber. Selama bertahun-tahun rendisi gambar ini di layar splash Illustrator dan kemasan menjadi lebih bergaya untuk mencerminkan fitur yang ditambahkan dalam versi masing-masing.
Citra Venus digantikan (meskipun masih dapat diakses melalui easter egg) di Illustrator CS (11,0) dan CS2 (12,0) dengan bunga bergaya agar sesuai dengan Suite alam citra Creative [13] Dalam CS3., Adobe mengubah suite branding sekali lagi, untuk blok warna sederhana dengan singkatan dua huruf, yang menyerupai tabel periodik unsur. [14] Illustrator diwakili oleh huruf Ai dalam putih terhadap latar belakang oranye (jeruk dan kuning adalah skema warna yang menonjol dalam branding Illustrator akan kembali sejauh sebagai versi 4.0). Ikon CS4 hampir identik, kecuali sedikit perubahan pada font dan warna yang abu-abu gelap. Ikon CS5 juga hampir sama, kecuali bahwa kali ini logo seperti kotak, bersama dengan semua CS5 logo produk lain, dengan kuning "Ai" terang. CS6 mengubahnya sedikit untuk sebuah persegi coklat dengan perbatasan kuning dan huruf kuning.


[Sunting] Kompatibilitas

Kompatibilitas dengan Inkscape: [15] format asli Inkscape adalah SVG, yang didukung oleh AI, tetapi dua implementasi tidak 100% kompatibel. Inkscape juga ekspor ke PS, EPS dan PDF, format yang dapat mengenali Illustrator

VersionPlatformsRelease dateCode nameNotable Features
1.0Mac OSJanuary 1987Picasso
1.1Mac OSMarch 19, 1987Inca
88Mac OSMarch 1988
2.0WindowsJanuary 1989Pinnacle
3Mac OS,NeXT, otherUnixesOctober 1990Desert Moosegraph creation
3.5IRIX1991
4WindowsMay 1992Kangaroose
3.5Solaris1993
5Mac OSJune 1993Saturnlayers, live editing in preview mode
5.5Mac OS, Solaris [16]June 1994Janusspell checker, find/replace text
5.5.1IRIX1995
5.1Windows1998Pavel
6Mac OSFebruary 1996Popeyegradients, eye dropper, paint bucket
7Mac/WindowsMay 1997Simbatabbed dockable palettes, transform palette, align palette, Photoshop pixel filters, rasterize, punk, bloat, free distort, layout grid, vertical text tool
8Mac/WindowsSeptember 1998Elvispencil tool, bounding box handles, smart guides, actions palette, bitmap eyedropper, gradient mesh, live brushes, links palette
9Mac/WindowsJune 2000MatisseFlash & SVG output, pixel preview, release to layers, drop shadows, transparency, feathering, opacity & layer mask, native PDF support
10Mac/WindowsNovember 2001Palomalive pathfinder shapes, symbols, slicing, css layer support, ODBC data link, variables palette, save for web, live distortion, warping, envelopes (warp/mesh/top object), liquify tools, grid/line/arc/polar grid tools, flare tool, magic wand
CS (11)Mac/WindowsOctober 2003Pangaea/Sprinkles3D effect, OpenType support, character & paragraph styles, template file format, scribble effect, columns & rows, optical kerning, optical margins, every-line composer, custom tab leaders, WYSIWYG font menu, Japanese type support, path type option, save for Microsoft Office
CS2 (12, 12.0.1)Mac/WindowsApril 27, 2005Zodiaclive trace, live paint, colorized grayscale, Photoshop layer support, expanded stroke options, control palette, Adobe Bridge support, Wacom tablet support, SVG-t export, PDF/X export
CS3 (13)Mac/WindowsApril 2007Jasonlive color, Flash integration, eraser tool, document profiles, crop area, isolation mode
CS4 (14)Mac/WindowsOctober 2008Sonnetmultiple artboards, transparency in gradients, blob brush, live gradient editing, separations previews, in-palette appearance editing
CS5 (15, 15.0.1, 15.0.2)Mac/WindowsMay 2010Ajantaperspective drawing tools, variable-width strokes, control over opacity in points on gradient meshes, shape builder tool (similar to pathfinder tools) and a bristle brush, which enables users to imitate real life brush strokes while maintaining vector format.
CS6 (16)Mac/WindowsMay 2012ElloraAdobe Mercury Performance System, 64-bit memory support, new user interface, gradient on a stroke, pattern creator tool, ImageTrace (replaces LivePaint)


sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Adobe_Illustrator

dan berikut link-link Website penyedia tutorial ilustrator (Tapi sorry kebanyakan sih bahasa inggris)
http://adfoc.us/677778780211
http://adfoc.us/677778780216
http://ndesign-studio.com/tutorials
http://webdesignledger.com/tutorials/22-very-useful-adobe-illustrator-tutorials (Bukan penyedia hanya berbagi link juga)
http://adfoc.us/677778780209
http://adfoc.us/677778780192 (Bukan penyedia hanya berbagi link juga)

- Ini yang utama



Posted by: Admin Blog Serba, Updated at: 9:37 AM

0 comments:

Post a Comment